ads

Cara Membersihkan PC yang Benar

Mungkin sebagian besar para pengguna PC telah banyak mengistal software .Memang ini salah satu cara uji coba software yg diinginkan, karena jika kita belum mencoba kita tak akan tau cara kerjanya .Apalagi saat ini banyak artikel-artikel yg menyuguhkan software kpd kita .Sangat wajar kita tertarik dng tawaran-tawaran tersebut .Lalu saat dicoba mengandung Virus dan Malware .Tentu Akan Membuat Kinerja PC semakin Berat dan bisa-bisa cras(rusak).

Ada beberapa Cara Membersihkan CPU :

- Banyak pengguna komputer yang menyamakan caranya bersih-bersih PC dengan cara membersihkan perangkat rumah tangga dan pernak-pernik rumah. Padahal cara demikian malah bisa 
merusak perangkat komputer itu. 
Prosedurnya sebenarnya sederhana dan mudah dilakukan. Ada beberapa hal yang harus dihindari sewaktu Anda membersihkan komputer dan gadget, antara lain:
Bersihkan terlebih dahulu area sekeliling komputer sebelum Anda mulai bersih-bersih. Debu-debu sekitar dengan mudahnya menempel pada perangkat komputer Anda nantinya.
Jangan menyemprotkan pembersih cairan langsung pada perangkat komputer. Penetrasi langsung dengan cairan pembersih akan merusak komponen PC dan membuatnya cepat berkarat. Semprotkan terlebih dahulu cairan ke lap/kain, setelah itu bersihkan komputer hanya pada permukaan yang tidak sensitif dengan cairan dan kelembapan.
Semprotkan kompresor dalam posisi terbalik, dengan mulut pipa berada di bawah. Usahakan untuk menyemprotkannya dengan posisi vertikal dan beri jarak 5–10 cm antara mulut pipa dengan perangkat.
Jangan menyentuh komponen internal dari CPU tanpa mengenakan gelang anti listrikstatis (anti-static wrist band) atau menggunaan alas anti listrik statis (anti-static mat). Listrik statis akan dapat merusak komponen elektronik yang sensitif dimana listrik statis tersebut ada pada tubuh manusia.
Jangan menggunakan vacuum cleaner biasa dalam membersihkan komponen internal dari komputer. Vacuum cleaner pada umumnya memiliki muatan listrik statis yang bisa merusak perangkat jika terjadi kontak. Jadi, gunakan vacuum khusus (biasanya vacuum bertenaga baterai). Jika Anda tidak memilikinya, lebih baik jangan gunakan vacuum cleaner.
Jangan mencoba membersihkan bagian dalam monitor. Monitor memiliki muatan listrik yang besar meskipun dalam posisi mati. Lebih baik Anda serahkan pada orang yang benar-benar profesional untuk membersihkannya.
Cabut monitor dan biarkan mendingin sebelum dibersihkan karena monitor memiliki muatan listrik meskipun dalam keadaan tidak dinyalakan.
Jangan pernah membiarkan komputer masih terhubung dengan stop kontak sewaktu membersihkan komputer, apalagi komputer memiliki fitur “wake” yang bisa aktif sewaktu-waktu.
Jangan menyentuhkan jari tangan ke layar LCD karena Anda akan mengacaukan piksel-piksel dan layar secara fisik. Gunakan soft anti-static ataupun lint-free cloth yang memang khusus digunakan untuk membersihkan debu dari layar komputer.
Jangan menggunakan pembersih biasa untuk membersihkan layar LCD Anda karena cairan pembersih umum dapat merusak coating anti-glare pada layar Anda. Jadi, Anda gunakan cairan khusus untuk membersihkannya.
Jangan menggunakan kain kasar untuk membersihkan LCD karena kain kasar dapat menyebabkan goresan dan juga kerusakan LCD yang mengakibatkan piksel mati (dead pixels).
Beberapa Tips Juga Melalui Software :

-CCleaner
Bergungsi Memperbaiki Registry, menghapus File Sampah, fileTak berguna, Sebagai Alat Uninstall.

-Baidu PC Faster
Fungsinya Sama Dengan CCleaner tetapi Tidak Dapat menjadi Alat Uninstall .alat ini Sangat direkomendasikan Oleh Perusahaan Win .


SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment